Kumpulan Trik Tepat Dalam Merawat Tanaman Saat Tinggal Di Apartemen


Memelihara tanaman di dalam ruangan tentu dapat membuat apartemen menjadi terasa lebih sejuk dan rileks. Selain sebagai alat untuk mendekorasi menjadi yang warna-warni, tanaman di apartemen juga dapat membersihkan udara disekitar, membuat Anda jadi jauh lebih  sehat, dan membantu meningkatkan fokus Anda saat berada diruangan tersebut. Artikel dari jual apartemen jakarta selatan.

Dengan menyediakan lingkungan yang cocok untuk tanaman serta jumlah air dan nutrisi yang pas, Anda bisa pastikan tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik

Pastikan tanaman terkena sinar matahari yang cukup

Pilih tempat di apartemen yang mendapat sinar matahari yang baik. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk melakukan kegiatan fotosintesis. Kualitas, durasi, dan intensitas cahaya mempengaruhi pertumbuhan nantinya. Hindari meletakkan tanaman di sinar matahari secara langsung. Tapi sediakan cahaya matahari tidak langsung dengan menaruhnya pada ruangan dengan pencahayaan yang bagus.

Menggunakan pot yang memiliki kualitas drainase terbaik

Pilih pot dengan drainase terbaik. Jumlah drainase pot tempat tanaman sangat penting karena kurang atau lebihnya proses menyiram bisa merusak atau mematikan tanaman. Pastikan ada lubang pengering di bawah pot. Material seperti plastik, logam, dan kaca akan menyerap lebih minim air dibanding pot keramik sertatanah liat. Pastikan ada lubang di bawah pot agar air dapat kering. Bila tidak ada lubang, air bisa berkumpul dan mematikan tanaman itu nantinya.

Meningkatkan suhu dan kelembaban pada suatu ruangan

Udara kering sangat pas untuk tanaman tertentu misalnya kaktus, tapi kebanyakan tanaman membutuhkan kelembaban terutama tanaman tropis. Pastikan pelembab ruangan Anda memberi cukup kelembaban udara bagi tanaman, tapi tidak membuat bunga serta daunnya basah. Cara yang lebih gampang yaitu mengisi nampan dengan batu. Tambahkan air di atasnya. Saat air menguap, tentu secara otomatis akan melembabkan ruangan. Anda bisa isi botol semprot dengan air, lalu semprotkan tanaman untuk memberi kelembaban tambahan. Daun kecoklatan itulah yang menjadi tanda tanaman mengalami kelembaban rendah.

Kurangi kegiatan untuk memindahkan tanaman yang terlalu sering

Tanaman secara perlahan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya jadi ada baiknya jika jangan sering memindahkannya. Ini juga termasuk meletakkannya di suhu yang berbeda secara jauh. Memindahkan tanaman di apartemen secara tiba-tiba dari area gelap ke area ber cahaya akan memberi efek buruk pada tanaman. Jika ingin memindahkan tanaman, bawa ke area baru selama kurang lebih 2 jam per hari.

Menggunakan pupuk terbaik

Tanaman di apartemen tentu memerlukan nutrisi dari tanah serta pupuk untuk bertahan hidup. Jika Anda tidak menambahkan nutrisi ke tanah, tanaman akan mati dengan sendirinya. Tanaman perlu zat nitrogen, fosfor, dan potasium.

Jika memiliki tanaman hias, Anda bisa gunakan pupuk dengan kandungan potasium tinggi. Dan jika memiliki tanaman berdaun, Anda perlu gunakan pupuk atau tanah dengan nitrogen tinggi. Tanaman juga perlu zat nutrisi mikro yang perlu diisi kembali dengan menambahkan tanah atau pupuk agar tanaman bertahan hidup.

Jangan pernah menaburkan serbuk kopi atau teh pada tanaman

Menuangkan kopi atau teh pada tanaman akan membuat banyak lalat menghinggapinya. Gula juga menarik perhatian banyak serangga seperti semut. Meski sebagian orang beranggapan menambahkan kopi baik bagi tanaman, melakukan ini pada tanaman tentu secara tidak sengaja akan membuatnya mati.

Memotong tanaman secara rutin dan berkala

Tanaman tertentu harus dipotong atau dipangkas secara rutin, jadi Anda harus tahu seberapa sering Anda perlu memangkas tanaman itu nantinya. Tanaman yang tidak dipangkas bisa tumbuh dengan liar, dan akar dari tanaman bisa tumbuh sampai keluar kapasitas pot. 

Leave a Reply